Tips blackberry storm

Trik Untuk Pengguna Strom

Memblok & Memilih Item
Pabrikan BlackBerry, Research In Mo­tion (RIM), menyebut teknologi yang di­gunakan pada Blackberry Storm sebagai SurePress. Tombol-tombol pada Storm, jika ditekan, akan memberi feedback dengan cepat. Teknologi SurePress inilah salah satu yang membuat Storm istimewa di mata banyak orang.

Jika Anda mau memunculkan satu ap­likasi, cukup melakukan press-down (tekan dan geser ke bawah). Anda akan merasa layar agak menekuk dan mendengar bunyi klik halus. Bunyi klik memungkinkan Anda merasa yakin sudah memilih apa yang Anda kehendaki.
Untuk memblok (highlighting) satu item, lakukan sentuhan ringan pada bagian tersebut, jangan tekan. Jika Anda menekan, berarti Anda memilih atau mengklik item itu, yang mungkin tak Anda kehendaki. Jadi, pastikan Anda hanya menyentuh item tersebut, bukan menekannya.

Scrolling
Untuk menggunakan layar sentuh pada ponsel, Anda perlu mempelajari ketrampilan melakukan manuver di atas menu-menu dan berbagai pilihan dalam layar. Anda memerlukan ketrampilan ini terutama untuk berselancar di Web.

Pada Storm, Anda perlu menguasai bagaimana melakukan scrolling secara akurat. Untuk melakukan scrolling down, petunjuknya adalah lakukan press down (tekan dan tarik ke bawah). Namun, banyak pengguna mengalami kesulitan dalam melakukan scrolling. Pasalnya, mereka menekan terlalu kuat dan akibatnya justru melakukan klik. Jadi, cukup sentuh-geser secara cepat dengan ujung jari Anda, jangan sampai menyentuh terlalu kuat atau terlalu lamban menggeser sehingga berefek ’klik’. Hati-hati, gagal scrolling bisa juga terjadi gara-gara gerakan menggeser terlalu cepat.

Untuk melakukan scroll up, lakukan gerakan berlawanan dibanding untuk scroll down. Lakukan pola sentuh dan geser ke kanan untuk scrolling kanan, dan ke kiri un­tuk scrolling kiri. Untuk pindah ke item beri­kutnya, geser secara cepat ke kiri dengan ujung jari Anda. Untuk kembali ke item se­belumnya, geser dengan cepat ke kanan.

Zoom & Pan
Untuk melihat konten Web atau mengedit dokumen Word, Anda tentu perlu melaku­kan zooming (memperbesar atau mem­perkecil tampilan halaman pada layar). Pada Storm, Anda cuma perlu melakukan double tap (dua kali ketukan) pada layar untuk melakukan zoom in (memperbe­sar tampilan halaman). Sedangkan untuk zoom out, cukup tekan kunci Escape.

Multimedia (Audio & Video)
Untuk mengakses media center pada Storm, Anda hanya perlu melakukan klik pada menu dan media center sudah di ha­dapan Anda.

Saat memutar musik atau video, tekan tombol Mute untuk menghentikan semen­tara (pause). Tekan tombol Mute lagi untuk meneruskan pemutaran musik atau video yang tadi Anda pause.
Jika Anda mau melompat ke trek musik berikutnya, atau memilih video berikutnya, tekan dan tahan tombol Volume Up. Laku­kan hal yang sama pada tombol Volume Down untuk kembal ke trek atau pilihan video sebelumnya.

Kontrol Kamera
Jika Anda mau memotret dan dengan cepat mengunggah hasilnya ke Flickr atau ke alamat seseorang, gunakan tombol Right Convenience untuk memunculkan kamera. Agar mudah mengingatnya, ang­gaplah ini tombol kamera.
Layar ponsel akan berfungsi sebagai view finder, tapi tombol-tombol kontrol kamera juga terdapat pada layar terse­but. Gunakan tombol Volume Up untuk melakukan zoom in, dan Volume Down un­tuk zoom out. Untuk mendapatkan fokus dan menguncinya, ketuk tombol kamera. Untuk menjepret, tekan dan tahan tombol kamera.

Video Tour
Meski Storm termasuk ponsel yang cukup populer, banyak orang tak mema­hami benar fungsi tombol-tombolnya. Se­bagaimana sudah dikemukakan di bagian awal artikel ini, tombol-tombol yang terse­dia pada Storm secara umum relatif familiar dan mudah dioperasikan oleh banyak orang, namun sebagian tombol tersebut menawarkan manfaat lebih daripada fungsi standarnya, dan sebagian orang tak me­mahami hal ini. Informasi soal fungsi-fungsi tombol pada Storm berikut ini bisa mem­bantu Anda.

Lock

Sesuai namanya, tombol ini dapat digunakan untuk mengunci atau membuka kunci Storm. Jika Anda menekan tombol ini, layar Storm akan secara otomatis ter­kunci. Gunakan tombol tersebut jika Anda hendak meletakkan Storm di dalam saku atau tas Anda.

Menu

Pakai tombol ini untuk masuk ke tombol-tombol fungsi pada Storm—mau­pun perangkat BlackBerry lainnya. Saat Anda menggunakan aplikasi apa pun, gu­nakan tombol ini untuk mengakses semua opsi yang tersedia. Anda juga bisa meng­gunakannya untuk mengubah penempatan ikon-ikon atau melakukan switch dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Escape

Ini tombol untuk kembali. Gunakan untuk kembali ke menu atau ke home screen. Jika ada layar menu dalam keadaan terbuka, gunakan tombol ini un­tuk menutupnya. Selama Anda bertelepon dengan seseorang, Anda pun bisa meng­gunakan tombol ini untuk masuk ke home screen, misalnya untuk mengecek email dan menyampaikan isi email tersebut ke­pada lawan bicara Anda di telepon.

End/Power

Tentu, sesuai namanya, tombol ini untuk menghidupkan dan me­matikan Storm Anda. Tapi Anda juga bisa menggunakan tombol End untuk pindah dengan cepat ke home screen. Jika Anda sedang menggunakan aplikasi, misalnya email, Anda bisa menggunakan tombol End untuk mengecilkan (minimize) aplikasi ini sebelum kembali ke home.

Send

Jika Anda mau melakukan pang­gilan, tekan tombol ini dan Anda akan mendapati tombol-tombol angka (num­ber pad) pada Storm. Jika Anda sedang membaca email yang mengandung nomor telepon, Anda bisa memblok (highlighting) nomor tersebut dan menekan Send untuk menghubunginya dengan cepat.

Left Convenience

Tombol untuk mengaktifkan fitur voice-activated calling. Jika Anda menekan tombol ini, Anda akan men­dengar suara monoton ’Say a command…’ yang bahkan sudah muncul sebelum Anda merasa selesai menekan tombol tersebut. Ini mungkin menjengkelkan Anda, jadi hati-hati saat bersentuhan dengan ponsel Anda, kecuali Anda suka mendengar suara itu.

Micro USB Port

Tombol ini memung­kinkan Anda mengambil atau memasuk­kan file ke Storm.
Battery Lock – Untuk membuka penu­tup baterai. Geser tombol ini ke arah ba­gian atas ponsel, dan penutup baterai akan terbuka, hingga Anda bisa melepas baterai dan mengakses kartu microSD.

Volume

Selain berfungsi sebagai pengatur besar-kecilnya suara, juga untuk melompat ke depan (skip forward) pada trek musik dan gambar.

Right Convenience

Tombol untuk me­munculkan kamera. Juga untuk memilih mode autofocus, selain berfungsi sebagai tombol shutter.

PS:

Mungkin ini berguna buat pengguna Storm 95xx. Karena ini terjadi jg pada ane sendiri waktu pertama kali pake Storm. Kalo sebelumnya pake bb yg qwerty kan ga ada masalah dlm soal pengetikan text.
Tapi beda di Storm, kita mau ketik ‘Aku’ yg keluar malah jadi ‘Alu’ dan lain sebagainya. heheh…

Ini dia caranya:

Kita masuk ke Options>> Language&Text Input. Kemudian di Input Style nya pilih Auto Correction. Trus masuk ke Show Text Input Options>> uncentang Auto Correction. Trs disave. Beres deh… hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s